Sunday 21 October 2012

FCT day #6 : Kunang-Kunang



Nenek suka bercerita kalau makhluk indah yang menyala  adalah kunang-kunang. Aku pernah melihatnya sekali. Dan dibuatnya jatuh cinta berkali-kali lipat.

Keesokan paginya, aku minta setoples kunang-kunang kepada ayahku sepulangnya berburu. Namun, aku diberinya setoples serangga yang terbang basa basi. Aku marah, kemudian pergi ke desa sebelah, kucari bukit rindang, dan aku tertidur di bawahnya.

Saat aku bangun dan ternyata senja sudah tenggelam, aku menemukan banyak sekali kunang-kunang berkeliaran. Indah. Aku enggan pulang.

*

Nenek bercerita lagi kalau kunang-kunang bisa diciptakan. "Kumpulkan guntingan kukumu yang panjang-panjang itu ke dalam toples yang sudah terisi dengan mentol sedikit saja. Sembunyikan di bawah tempat tidurmu. Kemudian tidurlah, dan jangan sekalipun kau melihat toples itu sampai pada malam berikutnya."

Aku percaya. Kugunting semua kukuku, dan melakukannya persis seperti apa yang diceritakan nenek. Dan benar saja, malam berikutnya, aku menemukan lima kunang-kunang menyala di bawah kolong tidurku.

Lama-lama aku sedikit curiga dengan kunang-kunang yang selalu menyala di bukit desa sebelah. Kini jumlahnya semakin sedikit, bahkan hampir habis.

No comments:

Post a Comment